Minggu, 11 Juli 2010

Tokoh Intelektual Muslim

PENEMU ANGKA NOL ITU BERNAMA MUHAMMAD BIN MUSA AL-KHAWARIZMI

Al-Khwarizmi ialah pengembang ilmu geometrik dengan angka-angka untuk persamaan kuadrat. Dia pula penemu angka nol sehingga setiap orang kini bisa menghitung demikian banyaknya lewat bantuan angka nol atau nihil. Sayang, banyak kaum terpelajar di negara berpenduduk mayoritas Islam tidak mengenalnya. Mereka lebih mengenal Leonardo Fibonacci yang karyanya justru dipengaruhi oleh Al-Khawarizmi.

Al-Khawarizmi merupakan intelektul muslim yang banyak menyumbangkan karyanya dalam bidang matematika, geografi, musik dan sejarah. Dia lahir di Khawarizmi (Khiva), di selatan Amu Darya pada Tahun 780 M, leluhurnya bermigrasi den menetap di Qutrubulli sebuah distrik di bagian barat Baghdad, Irak.

Karya Al-Khawarizmi dalam bidang Matematika dihasilkan melalui karya berjudul Hisab al-Jabar wal Muqabla dan Kitabul Jama-wat-Tafriq. Kedua kitab tersebut banyak menguraikan tentang persamaan linear dan kuadrat.

Sumbangan Al-Khawarizmi dalam ilmu ukur sudut juga luar biasa. Tabel ilmu ukur sudutnya yang berhubungan dengan fungsi sinus dan garis singgung tangen telah membantu para ahli matematika Eropa memahami lebih jauh tentang ilmu ini.

Selain dikenal sebagai matematikawan, Al-Khawarizmi dikenal pula sebagai astronom. Beliau mampu menyusun sebuah buku tentang perhitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai ahli seni musik.

Dikutip dari buku Ilmuan Muslim Yang Mengubah Dunia. Edi Warsidi. Bandung: CV ARMICO, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar